Senin, 01 April 2013


Update Firmware | Upgrade OS Android Terbaru



Update Firmware dimana kebanyakan orang menyebutkan update atau upgrade OS Android terbaru dilakukan dengan tujuan mendapatkan versi terbaru dari OS Android terbaru. Tujuan update atau upgrade OS sendiri bertujuan untuk mendapatkan fitur terbaru yang tersemat pada versi terbaru OS android tersebut. Tentu saja semakin baru versi OS Android tersebut lebih canggih dibandingkan versi sebelumnya. Disamping lebih canggih, kadang versi terbaru dapat memperbaiki bug alias masalah yang terdapat pada versi sebelumnya.



Upgrade OS android pada dasarnya sama dengan upgrade OS Blackberry. Intinya adalah menaikkan versi operating system yang terdapat pada gadget mobile tersebut. Semakin baru versi Operating system yang dikeluarkan baik itu android maupun BB tentu semakin canggih pula fitur yang tersemat didalamnya. Teknologi setiap waktu semakin berkembang dan hal inilah yang mendorong sang pencipta OS tersebut untuk melakukan update teknologi sehingga tetap menjadi up to date dan tidak ketinggalan dengan gadget keluaran vendor lainnya.

Untuk perbandingan, mari kita lihat keadaan blackberry sekarang. Bisa dikatakan tanpa BBM alias blackberry messenger yang terkenal dengan autotext emoticon blackberry, smartphone bikinan RIM asal Canada ini sudah dipastikan bakal ditinggalkan penggunanya. Banyak pengguna blackberry yang memilih untuk tetap bertahan hanya dikarenakan fitur BBM tersebut. Walau banyak pencipta aplikasi yang berlomba – lomba menghasilkan aplikasi chatting untuk dapat menggeser kedigdayaan sang blackberry messenger, sebut saja whatsapp misalnya yang konon bisa menyamai keunggulan Blackberry messenger, namun hingga kini whatsapp tetap kalah pamor dibandingkan dengan BBM walau whatsapp sendiri bahkan menawarkan fitur dapat digunakan pada computer dengan whatsapp for PC.

Masih di Blackberry, akhirnya bisa dikatakan blackberry bakal mempertaruhkan nasib nya pada OS terbaru mereka yaitu OS Blackberry 10 yang bakal disematkan pada Blackberry 2013 seperti Blackberry L series yang terdiri dari tiga tipe yaitu blackberry London, blackberry laguna dan blackberry Lisbon yang siap beredar tahun 2013. OS terbaru bikinan blackberry ini bahkan diklaim oleh RIM selaku produsen Blackberry bakal dapat menggantikan laptop. Hanya tentu saja hal ini dimaksudkan hanya terbatas pada aplikasi saja. Untuk dapat memainkan game online seperti gemscool anda tetap memerlukan perangkat PC untuk dapat memainkannya.

Kembali pada Upgrade OS Android, dari contoh diatas, kita bisa melihat seberapa pentingnya sebuah OS yang tersemat pada sebuah gadget itu sendiri. Operating system seperti namanya merupakan kunci dari berjalannya aplikasi si smartphone itu sendiri. Dan tidak dapat dipungkiri lagi, aplikasi sangat bermanfaat dalam mempermudah hidup manusia. Semakin majunya dunia dengan teknologi nya, semakin canggih pula aplikasi dan technology yang dibutuhkan.

Upgrade OS android sendiri bisa diibaratkan Upgrade smartphone itu sendiri. Semakin canggih OS beserta aplikasinya, semakin mudah pula fitur yang terdapat pada smartphone itu dijalankan. Sebagai contoh, Gmail misalnya. Gmail mempunyai aplikasi for android dimana dengan aplikasi tersebut, kita dapat menggunakan Gmail dengan lebih mudah dimana seperti yang kita tahu Gmail lebih dari sekedar email biasa dan cerdas, praktis dan asyik dipakai serta mudah dan gratis. Selain itu, sang jejaring social dengan pengguna aktif terbanyak saat ini yaitu facebook alias fb juga mengeluarkan aplikasi khusus yang dapat berjalan pada OS android dimana hal ini memudahkan kita untuk update status Fb kita seperti misalnya ketika kita mempunyai atau mengalami kejadian yang lucu, status FB lucu yang kita punyai dapat langsung kita update melalui gadget android kita.

Sebelum melakukan update firmware atau upgrade OS Android, kita harus memperhatikan beberapa hal. Kita tidak dapat serta merta langsung asal upgrade OS android versi terbaru yang kita punyai kedalam smartphone android kita. Ditakutkan bukannya tambah canggih smartphone android kita, namun hanya malah smartphone error yang kita dapat.

Hal yang harus diperhatikan sebelum update upgrade OS android :
  1. Pastikan OS Android versi terbaru kita dapat diterima oleh smartphone android kepunyaan kita. Dalam arti pastikan gadget kita kompatibel dengan OS Android terbaru ini. Pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone android kita dapat dan mempunyai kemampuan untuk update menjadi OS Android terbaru atau versi yang lebih tinggi dibanding yang terdapat pada smartphone kita. 
  2. Pastikan kita mempunyai sisa kapasitas memory yang cukup untuk melakukan upgrade OS Android
  3. Pastikan anda telah mem back-up data yang terdapat pada smartphone android anda. tentu anda tidak ingin data anda hilang lenyap dari smartphone anda bukan. 
  4. Pastikan anda mempunyai jaringan internet yang memadai. Hal ini sangat diperlukan pada saat kita menginstall OS android versi terbaru yang dapat disematkan pada smartphone android kita. 
  5. Pastikan sisa baterai anda cukup pada saat upgrade OS android. Atau anda juga dapat menghubungkan kabel daya atau dengan kata lain upgrade OS android dilakukan dengan posisi ponsel kita di charge sehingga tidak mungkin kehabisan daya baterai. 

Setelah memperhatikan hal – hal diatas, kita dapat memulai untuk meng-upgrade OS android kita sehingga kita dapat memperoleh fitur yang lebih baru dan lebih baik tentunya. Upgrade OS android dapat dilakukan dengan beberapa macam. Cara paling mudah adalah meng-upgrade OS android kita menggunakan fitur yang ada di smartphone android kita. Berikut ini kita akan bahas bagaimana cara upgrade OS android melalui fitur auto update yang ada di android kita.

Cara upgrade OS android 
  • Pertama – tama kita ambil smartphone android kita. Dengan keadaan power on, tekan tombol home pada android kita dan masuk kedalam menu setting. 
  • Pada menu setting, kita dapat melihat pilihan about phone. 
  • Pada about phone, kita dapat melihat system update. Di sanalah smartphone android kita akan memeriksa update terbaru dari OS android kita apakah terdapat versi terbaru dari gadget kita. 
  • Jika smartphone android kita telah up to date, maka tulisan up to date akan muncul dimana hal ini menandakan smartphone kita telah menggunakan versi terbaru dari OS android yang kompatibel dengan gadget kita. 
  • Jika terdapat versi terbaru dari OS android yang kompatibel dengan smartphone kita, kita dapat mendapati tulisan “A system Update is Available” seperti gambar dibawah ini. 

  •  Proses Update OS Android mulai install / download dimana setelah kita memilih install / download , secara otomatis smartphone android kita akan mendownload file yang diperlukan untuk proses upgrade OS android. 
  • Setelah selesai proses tersebut, smartphone kita akan meng-install update OS android terbaru secara otomatis dimana smartphone kita akan restart terlebih dahulu dan setelahnya akan meng-install dan upgrade OS Android secara otomatis. 
  • Setelah selesai proses upgrade OS android tersebut, anda akan restart sekali lagi dan smartphone android anda akan masuk dan telah menggunakan OS android terbaru. 

Demikian artikel mengenai Update Firmware | Upgrade OS Android Terbaru dimana pada artikel ini mengupas tentang bagaimana cara melakukan upgrade OS android sehingga kita memperoleh OS Android versi terbaru pada smartphone Android kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar